Perlu Anda ketahui jika dunia bisnis saat ini memiliki persaingan yang sangat sengit semakin kompetitif, Oleh karena itu, penting bagi para perusahaan dan bisnis supaya lebih cermat dan berhati-hati dalam

membidik target pasar konsumen. Apa itu STP marketing? Penggunaan STP marketing merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan dengan tingkat efektivitas dan efisiensi yang cukup tinggi.

Singkatnya, STP marketing adalah model pemasaran yang menawarkan pendekatan terstruktur yang bisa Anda gunakan untuk mengidentifikasi segmen pasar yang memiliki potensi paling besar, menjadikannya target pasar hingga memosisikan produk dan layanan yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen di dalam pasar tersebut. Jika Anda mampu memahami konsep dasar dari STP, bukan tidak mungkin strategi pemasaran yang Anda terapkan dapat sukses sesuai dengan tujuan bisnis yang Anda terapkan.

Pengertian dari STP Marketing

Apa itu STP marketing? Jika ditelaah lebih mendalam, STP marketing merupakan salah satu strategi marketing atau pemasaran yang kerap digunakan oleh individu atau sekelompok orang dalam urusan bisnis guna mengeksplorasi dan menentukan target pasar yang paling potensial untuk setiap produk dan layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau bisnis tersebut. STP sendiri memiliki kepanjangan berupa Segmentation, Targeting dan Positioning.

Pengertian dari STP Marketing

Segmentation atau segmentasi STP marketing berarti perusahaan atau bisnis melakukan proses pembagian kelompok konsumen yang dibagi berdasarkan kriteria yang berbeda mulai dari jenis kelamin hingga usia. Untuk targeting, perusahaan mulai menargetkan segmen pasar mana yang memiliki potensi tertinggi dengan tingkat keuntungan yang sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan. Sedangkan positioning merupakan strategi menciptakan branding produk dan jasa yang berbeda dengan kompetitor yang juga berbisnis di pasar target yang serupa dengan Anda.

Jika Anda mampu menerapkan STP marketing dengan tepat dan efektif, selain peluang yang tinggi dalam hal efisiensi alokasi sumber daya pada bisnis Anda, bukan tidak mungkin tujuan bisnis yang Anda canangkan dapat terwujud dalam waktu dekat hingga mampu mempererat hubungan antara bisnis Anda dengan konsumen yang membeli dan menggunakan produk maupun jasa dan layanan yang Anda tawarkan.

Cara Mudah Membuat STP Marketing

Setelah memahami secara mendalam apa itu STP marketing, kini saatnya Anda menyelam lebih dalam dan memahami cara mudah dalam membuat STP marketing. Berikut ini ada beberapa langkah dan cara membuat STP marketing yang bisa Anda terapkan secara langsung ke dalam bisnis Anda.

Cara Mudah Membuat STP Marketing

1. Melakukan segmentasi pada pasar

Langkah pertama dalam membuat STP pemasaran adalah dengan melakukan segmentasi pasar. Seperti yang sudah dijelaskan sedikit sebelumnya, segmentasi merupakan pembagian kelompok konsumen sesuai dengan perbedaan kriterianya. Segmentasi ini bertujuan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan kebutuhan dan berbagai kriteria lain supaya memudahkan pebisnis dalam menentukan target dan strategi pasar yang akan diterapkan demi keberhasilan dalam bisnis yang dijalankan.

2. Penentuan target pemasaran

Setelah segmentasi pemasaran berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah menentukan target pemasaran STP marketing sesuai dengan proses identifikasi yang sudah dilakukan dalam segmentasi pasar sebelumnya.

Dari proses segmentasi pasar yang sudah dilakukan, perusahaan akan menentukan pilihan pada satu segmen pasar yang dinilai memiliki potensi untuk mengalami perkembangan dan pertumbuhan dengan intensitas yang cukup tinggi. Penentuan target pasar yang tepat dan efektif sangatlah penting demi mengurangi pemborosan sumber daya bisnis hingga mencapai tujuan bisnis yang dikehendaki ke depannya.

3. Melakukan positioning di segmen pasar

Jika Anda telah menetapkan target pasar yang jelas, positioning menjadi step selanjutnya yang wajib Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda harus menganalisis setiap pesaing dan kompetitor yang melakukan pemasaran di target pasar yang sama dengan Anda.

Di sisi lain, Anda juga harus menciptakan value proposition yang menjelaskan keunikan produk Anda dibandingkan brand kompetitor kepada para konsumen di segmen pasar. Implementasi seperti melakukan iklan dan promosi juga bisa Anda lakukan agar produk dan jasa Anda mudah diingat oleh konsumen dibanding produk dan jasa lainnya.

4. Menerapkan strategi pemasaran

Selanjutnya, cara mudah membuat STP marketing yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran ke dalam segmen pasar. Penerapan strategi pemasaran STP marketing akan menjadi efektif dan efisien apabila Anda sudah melalui proses-proses yang sebelumnya tertuang di atas. Pada intinya, proses segmentasi, penentuan target pasar hingga positioning yang tepat dapat mengatrol keberhasilan Anda dalam menerapkan strategi pemasaran.

5. Lakukan evaluasi secara berkala

Terakhir, pastikan Anda untuk selalu melakukan evaluasi secara berkala terhadap strategi pemasaran yang sudah Anda terapkan. Melalui evaluasi yang selalu rutin Anda lakukan, Anda bisa mengukur seberapa efektif strategi pasar yang Anda terapkan pada target pasar. Jika dalam evaluasi strategi pasar tidak begitu efektif, Anda bisa mengubah strategi pemasaran yang diterapkan agar tetap relevan dengan target pasar serta kebutuhan para konsumen di dalamnya.

Contoh Penerapan STP Marketing

Sebagai contoh STP marketing, ada sebuah perusahaan roti kemasan yang hendak meluncurkan produk varian terbaru. Perusahaan tersebut dapat melakukan segmentasi berdasarkan kriteria usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, gaya hidup yang dimiliki konsumen dalam segmen pasar, dan preferensi rasa yang diminati.

Baca Juga:  Digital Marketing Funnel: Pengertian, Manfaat dan Strateginya

Setelah diidentifikasi, perusahaan memilih segmen anak-anak yang cenderung menyukai roti kemasan rasa coklat, di sini perusahaan dapat memosisikan varian produk baru sebagai roti kemasan coklat yang digemari oleh konsumen yang didominasi anak-anak pada target pasar.

Secara tidak langsung, apa itu STP marketing merupakan cara paling tepat bagi perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk kesuksesan bisnis yang dikelola. Selain bisnis dan pemasaran, coding dan pemrograman juga menjadi pengetahuan yang wajib dipelajari. Coding Studio menawarkan kursus digital marketing bagi Anda yang tertarik dengan dunia coding.

FAQ

Apa yang dimaksud STP marketing?

STP marketing merupakan strategi pemasaran mulai dari segmentasi pasar, penentuan target pasar hingga memosisikan produk dan layanan dalam target pasar tersebut.

Apakah STP marketing penting dalam bisnis?

STP marketing sangat penting karena dapat menjadi sebuah fondasi yang kuat dalam penerapan strategi pemasaran di sebuah bisnis.

Apakah STP marketing dapat diterapkan di berbagai macam bisnis?

Ya. STP marketing diketahui dapat diterapkan apa pun jenis bisnis yang Anda kelola dan jalankan.

Apa yang dimaksud dengan positioning produk?

Positioning produk adalah upaya untuk memosisikan produk dan layanan yang ditawarkan agar berbeda dari kompetitor dan pesaing bisnis di segmen pasar.