Ide meningkatkan brand awareness sangat diperlukan terutama bagi kalian pemilik bisnis. Hal ini bertujuan supaya calon pelanggan bisa lebih mengenal produk kalian untuk nantinya melakukan transaksi seperti pembelian.

Brand awareness menjadi penting dikarenakan mampu meningkatkan loyalitas konsumen, menumbuhkan kepercayaan dan juga membangun ekuitas brand dengan konsumen.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Terdapat 22 poin yang dapat kalian terapkan supaya brand awareness menjadi semakin meningkat dan memberikan kesan positif dan kuat bagi para audiens.

1. Melakukan Pendekatan Secara Personal

Caranya mengetahui bagaimana karakteristik dari target pasar yang dituju. Misalnya hobi, rentang usia, domisili, pendidikan dan lainnya. Nantinya kalian akan menjadi lebih mudah dalam menentukan konten yang dibuat.

2. Aktif Bersosialisasi

Rajinlah bersosialisasi melalui konten dengan pelanggan, konten tadi jangan hanya berisi terkait penjualan saja akan tetapi juga edukatif ataupun menghibur.

3. Memberikan Audiens Cerita

Story telling dilakukan secara tepat supaya pesan yang hendak disampaikan bisa menggugah emosi para audiens dan membuatnya merasa terlibat.

4. Mempermudah Akses Audiens Untuk Membagikan Konten

Berikan banyak jalur untuk mengaksesnya melalui berbagai platform. Sehingga audiens merasa terakomodasi dalam membagikan konten tadi.

5. Menjadi Penulis Tamu di Website Tertentu

Jadilah penulis tamu dengan mengangkat pembahasan yang tentunya masih berkaitan dengan konten atau brand kalian.

6. Menawarkan Produk Freemium

Kalian memberikan jangka waktu tertentu bagi para audiens untuk mencoba produk kalian. Tujuannya agar rasa percaya konsumen lebih tumbuh.

7. Mengadakan ataupun Bergabung di Event Bersponsor

Ide meningkatkan brand awareness ini menguntungkan kedua pihak. Untuk penyelenggara mendapatkan pendanaan. Sedangkan bagi para perusahaan mampu meningkatkan brand awareness.

8. Memberikan Brand Kepribadian

Bangunlah interaksi dengan para audiens dengan memberikan kepribadian di nama brand. Sehingga membuat audiens lebih terlibat.

9. Promosi Lewat Podcast

Podcast biasanya akan membahas berbagai macam topik, walaupun tampak sederhana akan tetapi ini memiliki prospek yang besar dalam meningkatkan brand awareness.

10. Tekankan Nilai Edukasi di Luar Produk

Cara kerjanya yakni kalian membuat konten edukasi yang mudah dipahami dan terpercaya. Hal tersebut membuat audiens akan kembali pada konten kalian ketika membutuhkan referensi.

11. Menjaga Relasi dengan Komunitas

Komunitas disini terbagi dalam komunitas khusus dan umum yang mana penanganannya memerlukan tindakan yang berbeda.

12. Memberikan Hadiah Menarik ke Konsumen Agar Dipromosikan di Media Sosial

Buatlah audiens bersedia untuk tag nama dari brand kalian dan nama dari beberapa orang teman di status lewat hadiah atau promo menarik. Untuk skala lebih besar bisa mengadakan lomba membuat artikel atau caption mengenai pengalaman memakai produk kalian.

13. Mengikuti Tren

Tren penting diikuti dikarenakan berkaitan dengan algoritma. Di sini kalian perlu menyelipkan apa yang tengah viral agar kalian memperoleh bagian algoritma dan ini mampu meningkatkan brand awareness.

14. Memanfaatkan Iklan Berbayar

Iklan berbayar bisa dimanfaatkan untuk kalian yang baru merintis usaha. Menggunakan iklan berbayar memungkinkan konten yang kalian buat tetap tersebar walaupun engagement-nya tergolong kecil.

15. Menjalin Kongsi Bersama Brand Lain

Menjalin kerja sama bisa mempermudah dalam pembuatan strategi pemasaran. Maka idealnya, brand yang diajak kerja sama merupakan brand yang produknya itu saling melengkapi. Hal sederhana ini merupakan ide meningkatkan brand awareness yang bisa dicoba.

16. Membuat Logo Brand yang Pas

Logo merupakan sebuah simbol dan mewakili brand. Buatlah logo sesuai karakter yang hendak di bangun. Sehingga audiens akan langsung mengenali brand kalian hanya dengan melihat logonya saja.

17. Menciptakan Slogan

Buatlah slogan yang singkat, cerdik dan menggelitik sehingga hanya dengan mendengarkannya saja audiens langsung tertuju ke brand kalian.

18. Berusaha Konsisten

Pastikan kalian harus terus menjaga apa yang sudah menjadi ciri khas dari brand kalian. usahakan juga kalian mengunggah konten dengan teratur yang mana media sosial ataupun search engine akan lebih senang merekomendasikan channel kalian.

19. Rutin Evaluasi

Lakukan evaluasi secara rutin sehingga kalian bisa melihat tingkat keberhasilan. Tidak hanya itu saja, kalian dapat menilai apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu untuk dipertahankan.

20. Menerapkan Strategi SEO

Penerapan strategi SEO yang tepat akan memperbesar peluang website muncul di halaman pertama pada mesin pencarian, sehingga memiliki kesempatan akan diakses lebih banyak pengunjung.

21. Menggandeng Influencer

Bekerja sama dengan influencer mampu mempromosikan usaha lebih luas dan menjaring lebih banyak pelanggan baru.

22. Mengajak Pihak Media untuk Promosi

Jasa mereka diperlukan untuk mengulas bisnis kalian di beritanya. Penulisan tadi bisa soal keberhasilan perusahaan. produk terbaru, maupun tanggung jawab sosial yang sudah pernah perusahaan lakukan ke masyarakat.

Baca Juga:  Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Itulah ide meningkatkan brand awareness yang bisa dilakukan. Jangan lupa tingkatkanlah brand awareness konsumen dengan meningkatkan visibilitas website melalui program front-end developer di Coding Studio. Program ini menyediakan pelatihan live bersama mentor yang pastinya belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

FAQ

Bagaimana cara untuk meningkatkan brand awareness?

Caranya dengan menentukan identitas brand, menyiapkan channel promosi online dan lainnya.

Bagaimana cara untuk menaikkan branding perusahaan?

Caranya dengan menentukan USP produk, mengenali target pasar dan lainnya.

Bagaimanakah cara meningkatkan keakraban merek?

Kampanye kesadaran merek bisa dilakukan pada calon pelanggan supaya merk kalian lebih dikenal salah satunya pembuatan konten.

Bagaimanakah cara meningkatkan kesadaran akan merek dengan gratis?

Bagikanlah keahlian, ceritakan kisah merek ataupun hanya mengobrol terkait sesuatu yang menarik yang bisa membangun audiens yang berganti ke pelanggan.