Banyak strategi pemasaran yang bisa ditemukan dan Word of Mouth adalah salah satunya. Strategi ini cukup sederhana namun bisa menarik banyak pelanggan baru. Strategi ini dalam pelaksanaannya cukup murah, bahkan bisa gratis.
Lebih jelasnya mengenai apa itu Word of Mouth mulai dari pengertian, manfaat, strategi dan contohnya. Maka kalian bisa menyimak informasi di bawah ini.
Pengertian Word of Mouth (WoM)

Word of Mouth (WoM) merupakan strategi pemasaran yang dipergunakan dalam menghasilkan diskusi ataupun pembicaraan secara alami atau natural mengenai rekomendasi suatu produk ataupun brand. Tujuan utamanya yakni membuat produk, brand atau jasa kalian dibicarakan oleh konsumen atau orang.
Brand atau produk yang dibicarakan akan bisa mendorong bisnis. Walaupun iklan menjadi sarana promosi, namun kenyataannya masih banyak konsumen lebih percaya menggunakan suatu produk yang direkomendasikan oleh keluarga atau teman.
Manfaat Word of Mouth (WoM)
Manfaat Word of Mouth bisa dikatakan memiliki dampak yang cukup signifikan untuk sebuah bisnis dan berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Meningkatkan Popularitas Brand
Ketika konsumen membicarakan ataupun menceritakan brand kalian kepada orang lain, tentunya orang yang sebelumnya tidak mengetahui brand tersebut akan penasaran lalu mencari tahu. Tidak jarang melakukan pembelian dikarenakan memperoleh rekomendasi dan ini dapat meningkatkan popularitas brand.
2. Tidak Membutuhkan Biaya Besar
WoM membuat audiens merekomendasikan atau menceritakan produk kepada orang lain tanpa diminta, ini artinya biayanya gratis. Banyak konsumen yang akan berbagi pengalaman positif terhadap brand kepada orang lain. Untuk itu kalian perlu menciptakan jasa atau produk yang berkualitas pula.
3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
WoM bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand. Ini karena pelanggan merasa puas menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan. Sehingga pengalaman baik tadi akan diceritakan ke orang lain sehingga akan banyak orang yang nantinya ikut mempercayai produk tersebut.
4. Meningkatkan Penjualan
Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika kebanyakan orang akan membeli jika memperoleh rekomendasi dari keluarga ataupun teman. Itu membuat calon konsumen merasa lebih yakin lagi dan kemudian berakhir dengan membeli.

Strategi Meningkatkan WoM
Word of Mouth adalah strategi yang cukup mudah dilakukan. Walaupun begitu tetap ada strategi Word of Mouth yang perlu untuk diterapkan.
1. Menciptakan Produk Berkualitas
Buatlah sebuah produk ataupun jasa yang memang benar-benar layak dibicarakan. Jangan lupa berikan pelatihan bagi para staf agar nantinya bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
Menciptakan, menjaga, serta mengembangkan kualitas produk ataupun jasa yang ditawarkan, itu artinya menjaga kepercayaan serta kepuasan pelanggan.
2. Meminta Feedback Konsumen
Feedback konsumen bisa digunakan sebagai bahan evaluasi, selain itu konsumen juga menjadi merasa terlibat di dalam pengembangan produk tadi. Cara mengumpulkan feedback bisa lewat survei, kotak saran, hingga interaksi di sosial media.
3. Menggunakan User Generated Content (UGC)
(UGC) User Generated Content yakni suatu konten semacam review, tulisan, foto, hingga video dari konsumen maupun followers. Nantinya konten tersebut bisa kalian posting ulang dengan menyertakan kredit pada bagian konten tadi. Intinya kalian mengajak konsumen untuk berinteraksi melalui konten tadi.
4. Membuat Event dengan Melibatkan Komunitas Pelanggan
Adakanlah event yang meminta komunitas pelanggan tadi datang dengan membawa orang lain supaya bisa merasakan pengalaman positif akan brand kalian. Tidak menutup kemungkinan jika teman dari konsumen akan menjadi calon konsumen loyal.
5. Mengumpulkan Review Produk
WoM bukan hanya ada di dalam lingkungan sosial seseorang. Akan tetapi review produk bisa menjadi salah satunya terlebih ulasan positif. Maka dari itu kalian perlu mengelola ulasan produk supaya tetap konsisten.
Caranya yakni kalian meminta ke konsumen memberikan ulasan jasa atau produk, memberikan link ulasan saat pembelian produk dan menawarkan insentif ketika ulasan sudah diberikan.
Contoh WoM
Berikut ini beberapa contoh Word of Mouth dan dilakukan oleh para pelanggan yang bisa kalian pahami sebagai pemilik bisnis.
- Menyebut brand kalian di unggahan sosial media.
- Memberikan review atau ulasan positif.
- Merekomendasikan produk maupun jasa ke orang lain.
- Menceritakan pengalaman terkait dengan produk ataupun jasa yang kalian jual ke orang lain.
- Membagikan konten terkait produk ataupun jasa kalian di sosial media.
- Mengajak keluarga atau teman untuk ikut mencoba produk yang kalian tawarkan.
Word of Mouth adalah suatu strategi yang dianggap mujarab dalam menggaet konsumen baru. Tidak hanya meningkatkan kualitas produk maka perhatikan juga kualitas layanan terutama di era digital seperti sekarang.
Coding Studio memberikan pelatihan IT bersertifikasi yang pas untuk mengembangkan kemampuan kalian mengembangkan website perusahaan. Menariknya kalian dapat belajar di mana saja melalui kelas Mahir Teknologi online. Yuk! Gabung sekarang juga.