Implementasi internet marketing adalah langkah penting bagi setiap perusahaan atau usaha sekarang ini. Kali ini kita akan membahas apa sebenarnya pengertian dari internet marketing ini, jenis-jenis, manfaat dan contohnya. Pelajari juga seputar kursus pemasaran internet dan bedanya internet marketing dengan digital marketing.

Pengertian Internet Marketing

Apa itu internet marketing? Dalam bahasa Indonesia, bisa diartikan pemasaran melalui internet atau dengan kata lain pemasaran online. Inilah proses memperkenalkan produk/layanan/brand secara promosional menggunakan layanan internet.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah pemasaran internet yang bisa mengandalkan beragam platform digital sesuai dengan target maupun kebutuhan fitur.

Apa Saja Jenis Internet Marketing?

Pemasaran internet bisa diimplementasikan melalui berbagai macam cara. Berikut ini adalah beberapa jenis internet marketing yang sekarang bisa dengan mudah kita temui:

1. Pemasaran sosial media (SMM)

Pemasaran melalui sosial media atau social media marketing menjadi metode internet marketing yang sangat marak sekarang ini. Pengguna sosial media yang semakin intens pada banyak kalangan membuat pendekatan marketing satu ini layak dipertimbangkan. Platform media sosial itu sendiri cukup beragam termasuk Twitter (X), TikTok, Instagram dan media sosial lainnya.

Melalui berbagai platform tersebut, pemasar bisa menampilkan produk agar menjangkau audiens yang luas.

2. Pemasaran menggunakan email

Inilah metode internet marketing yang masih relevan dari dulu hingga sekarang. Kita bisa mudah menemukan pemasaran seperti ini pada tab Promotions di Google Mail. Isi dari pesan email marketing ini bisa berupa informasi produk terbaru, konten promosi dan sebagainya.

Baca Juga:  Email Marketing: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya

Untuk hubungan pelanggan jangka panjang, pemasaran dengan email layak dipertimbangkan.

3. SEO

SEO merupakan optimasi website terhadap search engine atau mesin pencari (Google). Mengapa SEO ini termasuk internet marketing? Karena implementasi SEO berarti membuat website lebih optimal untuk meraih peringkat tinggi pada pencarian Google. Keuntungannya adalah untuk trafik dan visibilitas (organik) lebih besar pada website tersebut.

4. PPC

Apa itu PPC? Pay-Per-Clik Advertising berarti pengiklanan berbayar yang sistem pembayarannya adalah tiap iklan diklik pengguna. Contohnya misal pada layanan Ads yang disediakan search engine seperti Bing Ads atau Google Ads.

5. Pemasaran affiliate

Sekarang, aktivitas afiliasi sudah semakin banyak. Pemasaran afiiasi berarti melakukan teknik promosi produk brand pihak lain untuk mendapat komisi pada tiap penjualan. Semakin banyak affiliator, maka bisa semakin sukses pemasaran karena bisa menjangkau lebih banyak audiens.

6. Pemasaran melalui konten digital

Maksudnya terkait internet marketing adalah pembuatan konten promosi untuk didistribusikan ke audiens online. Konten ini berisikan informasi produk, penawaran terbaru, maupun informasi relevan lainnya. Pemasaran konten bisa dalam berbagai bentuk termasuk infografis, artikel atau video.

Untuk pemasaran melalui video, platform yang lebih sering digunakan sekarang adalah TikTok dan YouTube. Masih banyak channel lain yang bisa diandalkan untuk distribusi video pemasaran.

7. Pemasaran influencer

Cara pemasaran ini mirip dengan sistem afiliasi karena mengandalkan pihak lain. Lebih tepatnya pemasaran ini mengandalkan kerja sama ke pihak tertentu terutama yang punya pengaruh atau influence besar. Misalnya saja seperti selebgram, aktris, penyanyi dan tokoh publik lainnya.

Manfaat Internet Marketing

Manfaat Internet Marketing

Menurut kodio, pemasaran melalui internet sudah mendominasi aktivitas marketing seluruh dunia. Mengingat manfaatnya yang luar biasa bagi bisnis, teknik pemasaran ini semakin sering dipertimbangkan. Inilah beberapa manfaat internet marketing untuk Anda pahami:

  • Efisiensi biaya: Pendekatan online seperti ini cenderung lebih murah biaya. Metode yang tradisional justru lebih banyak biaya seperti mencetak brosur untuk iklan, penayangan di TV dan sebagainya.
  • Jangkauan audiens lebih luas: Karena dalam lingkup online, maka pemasaran bisa menjangkau lebih luas bahkan secara global.
  • Mendukung keterlibatan dan interaksi lebih baik: Pada berbagai platform seperti media sosial, pelanggan bisa lebih interaktif sehingga bisa meningkatkan keterlibatan.
  • Target lebih presisi: Adanya internet marketing mampu menunjang penargetan audiens secara presisi. Misalnya saja ingin menyesuaikan preferensi minat atau demografi. Lebih dari itu, pemasaran internet juga lebih mudah diukur. Analisis kampanye pun bisa dilakukan lebih mudah apa lagi sudah tersedia beragam tools canggih sekarang ini.

Bagaimana Cara Menjadi Internet Marketer?

Bagaimana Cara Menjadi Internet Marketer

Awal mula cara menjadi internet marketer adalah pelajari dasarnya bisa dari kursus online, buku atau artikel online. Coba praktikan di lingkungan Anda apa yang sudah dipelajari misal dengan mengelola blog. Pahami penggunaan SEMrush, Google Analytics dan tools lain sebagainya.

Ikut bergabung pada komunitas, hadiri acara-acara terkait pemasaran online dan selalu ikuti perkembangan trennya.

Apa Bedanya Internet dan Digital Marketing?

Perbedaan internet marketing dan digital marketing yaitu cakupannya. Lingkup internet berarti media sosial, email, SEO dan sebagainya. Cakupan digital marketing lebih luas baik itu digital dengan internet maupun yang tidak. Misalnya iklan di TV dan pemasaran melalui SMS termasuk pemasaran digital tapi tidak memakai internet.

Mendalami Internet Marketing Melalui Kursus Profesional

Meski internet marketing sudah diterapkan sejak lama, tetap butuh bekal wawasan dan keterampilan memadai untuk mendapatkan manfaat maksimal. Anda bisa andalkan kursus IT dari Coding Studio. Mereka menyediakan program pembelajaran intensif tapi fleksibel. Anda bisa belajar dari mereka yang sudah ahli dan berpengalaman, dapatkan juga sertifikat resmi yang berharga untuk karier Anda.

FAQ

Apa pengertian internet marketing?

Internet marketing adalah teknik pemasaran yang mengandalkan internet. Produk dipromosikan melalui media seperti sosmed, email dan situs web.

Manfaat internet marketing itu apa?

Untuk menjangkau audiens lebih luas (global) dan efisiensi biaya. Internet marketing juga lebih mudah terukur dan dianalisis.

Bedanya dengan digital marketing apa?

Cakupan digital marketing lebih luas dari pada internet marketing. Pemasaran digital termasuk melalui SMS, iklan TV dan media digital lainnya meski tidak memakai akses internet.

Jenis internet marketing apa saja?

Cukup beragam jenis pemasaran yang memakai internet. Bisa berupa kampanye SEO, pemasaran media sosial, iklan berbayar dan banyak lagi contoh internet marketing lainnya.