Brand ambassador adalah salah satu dari sosok yang diperlukan oleh perusahaan, brand, bahkan produk supaya bisa meningkatkan awareness. Brand ambassador (BA) ini merupakan orang yang asalnya dari dunia selebritis yang diharapkan membuat penggemarnya merasa tertarik untuk menjadi konsumen sebuah produk atau jasa tadi.

Bagi yang belum memahami apa itu brand ambassador, fungsi, hingga bagaimana cara menjadi seorang BA. Maka kalian bisa menyimak informasi di bawah ini.

Pengertian Brand Ambassador

Pengertian Brand Ambassador

Menurut definisi brand ambassador merupakan seseorang yang bertugas menjadi “wajah” utama pada sebuah brand, produk ataupun perusahaan. BA akan secara terus-menerus mempromosikan suatu produk tadi ke jaringannya. Jaringan tadi yang membuat produk mengalami kenaikan penjualan.

Fungsi Brand Ambassador

Fungsi brand ambassador paling utama yakni meningkatkan keterlibatan pengguna. Umumnya pemilihan BA yang memang populer di masyarakat akan bisa meningkatkan engagement dari BA itu sendiri.

Adapun fungsi BA untuk meningkatkan keterlibatan pengguna sebagai berikut ini.

Fungsi Brand Ambassador

1. Membangun Hubungan Personal

Sosok BA akan membuat sebuah brand memiliki keterikatan personal dengan para audiens. BA juga dapat membantu brand dalam membangun hubungan personal dengan para audiens.

2. Mendorong Partisipasi dan Interaksi Online

Di era digital, sudah banyak BA melakukan promosi secara online. Interaksi tersebut memang secara tidak langsung bisa meningkatkan engagement audiens pada brand.

3. Membuat Konten Menarik dan Relevan

Agar engagement meningkat, maka IA harus dapat membuat konten menarik serta relevan bersama brand ataupun target audiens.

Manfaat BA untuk Perusahaan

Brand ambassador adalah salah satu teknik meningkatkan penjualan. Tentunya untuk perusahaan, manfaat brand ambassador lebih dari itu dan berikut adalah beberapa manfaatnya.

Baca Juga:  Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
  • Meningkatkan reputasi serta nama baik perusahaan.
  • Meningkatkan brand awareness.
  • Penjualan produk meningkat.
  • Memperoleh ulasan baik.
  • Memperoleh customer baru yang akan dijadikan customer loyal.

Tugas dan Tanggung Jawab

Walaupun terdiri dari berbagai macam jenis, untuk tugas brand ambassador sebenarnya cukup seragam. Berikut ini merupakan beberapa tugas dan tanggung jawab brand ambassador secara umum.

1. Mewakili Brand

Brand ambassador adalah wajah atau perwakilan perusahaan, pastinya BA bertugas untuk mempertahankan citra positif brand. Bahkan BA perlu melakukan hal tadi di seluruh aktivitas, bahkan dilakukan pada event di luar brand sekalipun. Tujuannya supaya kepercayaan publik semakin meningkat.

2. Mengikuti Event Marketing

Guna mempromosikan produk maka diadakanlah event marketing dan BA perlu menghadiri seluruh event tadi serta ikut mempromosikan layanan atau produk brand. Kehadiran BA bisa meningkatkan antusiasme publik dalam mengikuti event tersebut.

3. Membangun Brand Awareness

BA merupakan seseorang yang ditunjuk perusahaan guna mempromosikan produk ataupun jasanya dan ini bisa membangun brand awareness. Bisa jadi sebelumnya para audiens tidak mengetahui brand tersebut. Akan tetapi promosi dari BA akan membuat mereka bisa mengetahui brand tadi.

Cara Menjadi Seorang Brand Ambassador

Menjadi seorang BA memang tidak ada kualifikasi yang formal, akan tetapi pengusaha cenderung memilih individu dengan kualifikasi pada bidang ekonomi. Tidak hanya itu saja, individu tadi perlu memiliki pengikut di sosial media secara luas maupun kehadirannya memiliki manfaat di masyarakat.

Jika kalian merasa mempunyai kualifikasi di atas, maka berikut ini cara menjadi brand ambassador yang bisa dilakukan.

1. Cari Merek yang Ingin Kalian Wakili

Langkah awal temukan perusahaan yang kalian ingin dukung dan pastinya sesuai dengan kemampuan. Lakukan riset mengenai perusahaan tersebut dan pahami prinsip dasar yang dimiliki serta orang-orang yang diperlukan di brand tersebut.

2. Personal Branding

Ciptakan kepribadian online kalian secara jelas dan unik. Temukan hal-hal yang dapat menjadi ciri khas kalian. contohnya jika kalian gemar berolahraga maka bisa membuat konten seputar olahraga.

3. Melibatkan Audiens Secara Luas

Buatlah konten berkualitas agar reputasi dan kepercayaan meningkat. Lakukanlah yang paling baik guna membuat postingan menarik dan memperoleh pengikut di sosial media kalian.

4. Menjaga Komunikasi dengan Followers

Jaga selalu interaksi dengan para followers dengan berbagai konten atau aktivitas online lainnya. Sehingga kalian bisa mempertahankan pengikut serta menarik pengikut baru.

5. Menghubungi Perusahaan

Setelah menyiapkan akun media sosial serta memutuskan merek mana yang akan didukung, maka mulai jangkau perusahaan tadi. Hubungi perusahaan dengan cara mengirimkan pesan di sosial media ataupun email, bahkan mengadakan pertemukan langsung.

Baca Juga:  Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Contohnya

Jadi brand ambassador merupakan salah satu jenis strategi marketing dengan memanfaatkan influencer di media sosial. Tertarik menjadi seorang BA? Jika iya jangan lupa bekali diri dengan kemampuan IT yang baik.

Coding Studio solusi belajar IT bersertifikat dan sudah mengikuti kurikulum internasional. Belajar Fundamental Digital Marketing semakin mudah karena dibimbing oleh mentor profesional.